Strategi Bisnis yang akan diterapkan
1. Produk ( Product )
Produk adalah kombinasi antara barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pasar sasaran. Produk yang dijual Es Krim Herbal Kafe ini tidak terbatas pada produk inti es krim tetapi juga menjual pelayanan yang baik sehingga para konsumen menjadi puas terhadap produk yang ada. Selain itu juga ada bentuk layanan konsumen yang berupa kotak saran dan guest comment di setiap meja. Untuk melengkapi penjualan menu es krim ini juga disediakan makanan pendamping seperti sandwich, pastry sebagai hidangan pendamping pada saat menikmati es krim. Selain kualitas dari produk yang di jual. Es Krim Herbal Kafe juga mementingkan kualitas pelayanan seperti : menyambut tamu yang datang dengan memberi salam, prosedur pemesanan, pengaturan pesanan, pembayaran serta kebersihan area kafe dan dekorasi yang menarik.
2. Harga ( pricing )
Harga sejumlah uang yang dibayarkan untuk sebuah produk atau jasa, atau sejumlah nilai ( value ) yang ditukarkan konsumen untuk manfaat yang didapat dari kepemilikan atau penggunaan produk atau jasa tersebut. Harga Es Krim Herbal Kafe sesuai dengan kuantitas yang dihasilkan.
Dari definisi harga diatas dapat ditaruk kesimpulan bahwa kebijaksanaan harga harus memperhartikan manfaat yang diberikan produk atau jasa yang akan dibayar oleh konsumen sesuai dengan jumlah uang yang dibayarkan. Harga menu es Krim Herbal Kafe lebih murah dari Kafe Es Krim lain, didukung dengan dekorasi yang lebih menarik, pelayanan yang baik, serta bahan – bahan yang berkualitas. Hal inilah yang menjadi pertimabangan bagi Es Krim Herbal Kafe dalam menentukkan harga menu. Harga Rp. 5000,- per toping.
3. Lokasi ( Place)
Lokasi Es Krim Herbal Kafe merupakan lokasi yang strategis karena terletak didaerah yang banyak dilalui orang sehingga tidak membutuhkan saluran distribusi yang rumit mengingat bahwa saat ini Es Krim Herbal Kafe belum memiliki cabang karena merupakan kafe es krim yang baru dibuka. Daerah Kertajaya ini selain sering dilalui orang yang akan bekerja juga dilalui pelajar, Mahasiswa ITS, Unair, dan Plaza Galaxy yang berada di daerah Kertajaya. Hal ini merupakan salah satu kekuatan kompetitif bagi Es Krim Herbal Kafe yang memiliki lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat.
Layanan konsumen ini memberikan kemudahan – kemudahan bagi para konsumen Es Krim Herbal Kafe. Kemudahan yang ada meliputi :
a. Proses Pemesanan
Kemudahan yang dimaksud dalam proses pemesanan ini yaitu dalam melihat daftar menu. Menu harus jelas dan mudah dipahami oleh konsumen sehingga tidak perlu membutuhkan waktu yang lam dalam pemasaran.
b. Proses Konsumsi
Penghantaran pemesanan sesuai dengan yang diminta oleh konsumen disertai dengan pemberian segelas air putih. Setelah menghantarkan pesanan, menanyakan apakah masih diperlukan lagi, apabila tidak maka mengucapkan “ Selamat Menikmati “.
c. Proses Pembayaran
Proses pembayaran dengan memberikan bon kepada konsumen setelah selesai menikmati hidangan. Pembayaran ini harus dilakukan dengan cermat sesuai dengan menu yang dipesan, sehingga pelanggan merasa puas.
d. Pemberian compliment
Pemberian compliment ini diberikan kepada konsumen yang membeli dalam jumlah poin tertentu dimana poin yang ada dikumpulkan sampi jumlah yang ditentukan, kemudian dikeluarkan dan mendapat voucher gratis dalam satu kali transaksi serta kartu anggota. Konsumen yang memiliki kartu anggota akan mendapat diskon sebesar 10% setiap transaksi. Bagi anggota yang berlangganan akan mendapatkan diskon sebesar 20% dan kue ulang tahun gratis untuk 10 orang.
e. Menerima paket ulang tahun atau pernikahan
Es Krim Herbal Kafe menerima pemesanan baik paket ulang tahun maupun pernikahan. Proses pemesanan paket ini dilakukan minimal satu bulan sebelum acara dimulai, sebab memerlukan persiapan yang banyak.